5W + 1H Tentang Aborsi Medis, yuk Cek Bareng!

Kamu mungkin sudah sering mendengar atau mendapat informasi tentang kapan, di mana dan bagaimana melakukan aborsi medis sendiri tapi kamu masih ragu dan penasaran. Ya, kamu sudah mengumpulkan banyak sekali informasi tapi kamu masih belum yakin apakah informasi yang kamu dapat memang tepat atau tidak. Supaya agak yakin, kamu bisa coba baca 4W + 1H tentang aborsi medis. 4W + 1H apa sih? Kepanjangan dari singkatan yang mirip rumus matematika ini adalah Why, Who, When, Where, dan How — atau kalau dalam Bahasa Indonesia: Kenapa, Siapa, Kapan, Di mana dan Bagaimana.

  • Kenapa Aborsi Medis?

Ketika kamu mengalami kehamilan tidak direncanakan, aborsi aman adalah salah satu piilihan yang bisa kamu pertimbangkan jika kamu memang masih belum siap. Nah jika kamu memilih aborsi kamu bisa memilih opsi aborsi medis atau surgikal, dengan metode aspirasi vakum. Kelebihan aborsi medis dibanding opsi vakum antara lain tidak invasif, jadi kamu bisa tenang karena tidak menggunakan alat yang dimasukkan ke vagina. Ini juga pastinya jauh lebih aman dari metode kuret. Selain itu karena aborsi medis bisa dilakukan sendiri pastinya privasi juga lebih terjaga.

  • Siapa yang Bisa Melakukannya?

Ini juga salah satu kelebihan aborsi medis dibanding surgikal: Perempuan yang sedang mengalami kehamilan tidak direncanakan bisa melakukannya. Memangnya tidak perlu pelatihan khusus? Sama sekali tidak. Asalkan kamu sudah paham jumlah obat yang digunakan, cara pemakaiannya, reaksi yang diharapkan dan apa yang perlu kamu lakukan ketika terjadi situasi darurat.

  • Kapan Perempuan Bisa Melakukannya?

Kapan saja perempuan mengalami kehamilan tidak direncanakan dengan usia kehamilan mencapai 6 hingga 22 minggu. Kenapa 6 minggu? Karena sebelum usia kehamilan mencapai 6 minggu kantung kehamilan belum terbentuk dan belum menempel pada dinding rahim. Padahal, misoprostol bukan berpengaruh secara langsung pada kehamilan melainkan pada dinding rahim. Untuk menghentikan kehamilan, misoprostol akan mengkontraksi dinding rahim dan meluruhkannya, persis seperti menstruasi alami. Bedanya adalah ketika perempuan mau menghentikan kehamilan maka kantung kehamilan yang menempel di dinding rahim ini juga akan ikut luruh bersama misoprostol.

  • Di mana Perempuan Bisa Mendapatkannya?

Kamu bisa mendapatkan obat aborsi di para penyedia obat terpercaya. Masih belum yakin apakah penjual obat yang kamu hubungi bisa dipercaya atau tidak? Cocokkan dengan daftar ini atau langsung hubungi teman-teman konselor!

  • Bagaimana Perempuan Bisa Melakukan Prosedurnya?

Masih ragu dengan dosis dan cara pakai yang tepat untuk usia kandunganmu? Cek situs ini untuk informasi yang terpercaya atau langsung tanyakan pada para konselor.

Nah, semoga membantu dan pastikan kamu tetap aman selama prosedur dan setelahnya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *