Konseling KTD? Kenapa penting?

Seringkali ketika kita denger kata “KONSELING” bayangan kita adalah guru BP di sekolah jaman SMP atau SMA. Padahal arti konseling sendiri lebih luas dan ternyata konseling bisa jadi sebuah proses yang berguna dan bermanfaat banget buat kita. Apalagi, ketika kita mengalami Kehamilan Tidak Direncanakan (KTD). Kenapa sih konseling KTD penting? Simak yuk apa yang bisa kamu dapat ketika konseling!

1. Kamu bisa ceritain situasimu tanpa takut dinilai yang aneh-aneh. Kadang ketika kita ngalamin situasi KTD, kita bingung mau cerita sama siapa. Masa iya, belum nikah hamil terus cerita-cerita. Nanti kita malah dibilang cewek nakal, pergaulannya ga bener, dan blah..blah..blah.. Padahal, KTD itu situasi yang umum banget. Buat perempuan yang udah nikah ataupun belum menikah, KTD bisa terjadi. Nah, dengan konseling, kamu bisa ngobrol dan curhat soal situasi KTDmu tanpa takut diberi stigma atau label yang negatif. Kebayang kan rasa leganya ketika kamu bisa cerita dengan leluasa tanpa distigma?

2. Kamu bisa tau dan diajak melihat pilihan-pilihan yang kamu punya dalam situasi KTD. Kalo kata orang, yang belum nikah kalo hamil ya jadi manten! Atau, kalau yang udah nikah, yaudah sih, udah nikah juga tinggal dilahirin trus dibesarin. Eittss.. tunggu dulu! Ga semua perempuan siap lho dengan kehamilan. Kehamilan itu perlu direncanakan dan disiapkan karena ini bukan perkara sepele kayak kamu jatoh dari motor trus bisa diobati pake obat merah. Nah, dengan konseling, kamu bisa tahu bahwa kamu punya pilihan dan juga dibantu untuk memetakan pilihan-pilihan itu.

3. Kamu mendapatkan dukungan. Coba kamu lihat disekitarmu. Teman-teman yang mengalami KTD seringkali dijauhi, digunjingkan, dan diberi cap negatif. Ini bisa bikin perempuan mengalami stres dan rendah diri. Padahal di sekitarmu dan di luar sana, kamu bisa temukan dukungan-dukungan yang sangat berarti. KTD bukan akhir dari segalanya!

4. Kamu menambah pengetahuan dan mampu menyelesaikan masalahmu. Ketika kamu mengalami KTD, yang pertama kamu rasakan pasti bingung, sedih, gundah gulana. Tapi, dengan konseling kamu bisa dapatkan pengetahuan yang scientific dan juga kamu bisa belajar untuk menjadi lebih matang dalam membuat keputusan serta menyelesaikan masalahmu. Kamu pun jadi paham mengenai hak-hakmu sebagai seorang individu.

5. Kamu bisa memberikan dukungan yang sama untuk perempuan lain. Udah dapet pengetahuan, paham hak-hakmu, pilihan-pilihanmu, dan bisa berbuat baik pula! Nah, kira-kira sesederhana itu membayangkan proses konseling KTD. Dengan konselor yang ramah, asik, dan pastinya akan membuatmu merasa lebih baik.

Kamu bisa simak juga di video berikut kenapa sih Konseling KTD itu penting.

Cheers!(TZ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *