Mau Aborsi Tapi Masih Ragu? Coba Baca Ini Dulu

Perempuan kadang menunda akses aborsi aman karena mereka masih ragu dengan pilihan ini, padahal semakin dini kamu mengakses aborsi aman akan semakin baik. Nah kali ini kita akan membahas apa saja yang biasa membuat perempuan ragu mengakses aborsi aman. Harapannya, setelah membacanya kamu akan bisa menentukan langkah secepatnya.

  1. Aborsi tidak aman bagiku Faktanya: Aborsi jauh lebih aman dari cabut gigi bahkan melahirkan secara normal. Seaman apa sih aborsi medis yang dilakukan dengan tepat? Baca ini dulu untuk menjawab kekhawatiranmu. Yang perlu kamu pastikan tentu saja bahwa aborsi medis yang kamu akses memang betul-betul sudah aman.
  2. Aku takut trauma setelahnya Faktanya: Merasa sedih, marah dan berbagai emosi negatif lain setelah aborsi itu wajar banget kok. Selain hormonmu sedang naik turun karena peralihan tubuh yang tadinya hamil menjadi tidak hamil, faktor sosial yang masih kerap memberikan stigma terhadap perempuan yang pernah aborsi juga bisa menjadi tekanan bagimu. Trauma juga seringkali muncul karena informasi yang simpang siur soal aborsi atau kondisi psikologismu. Pastikan kamu sudah mendiskusikan semua hal yang perlu kamu tahu dengan konselormu sebelum mengakses aborsi aman.
  3. Aku takut tidak bisa hamil lagi setelah ini Faktanya: Misoprostol tidak mempengaruhi kesuburanmu. Karena itu setelah masa follow up selesai kamu bisa langsung subur, bahkan hamil lagi. Masih mau menunda kehamilan? Pastikan kamu dan pasangan selalu disiplin menggunakan kontrasepsi sesuai petunjuk pemakaian yang tepat.
  4. Aku takut orang memandangku sebagai perempuan yang kejam Faktanya: Kekhawatiran ini sangat wajar mengingat masyarakat yang masih kurang punya kesadaran terhadap Hak Seksual dan Kesehatan Reproduksi (HKSR). Padahal tidak ada perempuan yang melakukan aborsi untuk kesenangan pribadi. Tapi kamu tenang saja, aborsi medis yang dilakukan sendiri sebetulnya sangat terjaga privasinya. Karena itu kamu tidak perlu membicarakannya dengan orang lain jika kamu ragu, apalagi jika kamu belum mempercayai orang itu atau kurang merasa didukung.
  5. Aku tidak punya biaya Hey ladies, harga obat aborsi yang direkomendasikan adalah Rp. 500.000 – 1.000.000 per paket. Kalau kamu diminta membayar lebih cari saja penyedia obat lain! Jika uang yang kamu miliki bahkan kurang dari itu pastikan kamu membicarakan semuanya dengan konselormu ya.
  6. Aku takut gagal Ini salah satu kekhawatiran yang wajar sekali, apalagi karena masih ada risiko gagalnya tindakan sebesar 14%. Jika kamu mengalami kegagalan aborsi medis langsung saja telepon konselormu untuk memastikan langkah-langkah yang bisa kamu ambil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *