Memahami Aborsi Aman dan Bedanya dengan Aborsi Tidak Aman

Hi Ladies apa kabar? Semoga semuanya tetap sehat 😀 Kali ini Mimin mau mengajak ngobrol soal perbedaan aborsi aman dan tidak aman. Oh mudah, yang aman pasti tidak akan menimbulkan komplikasi ataupun sesuai protokol WHO! Hmmm, tunggu sebentar nih. Apa kalian sudah yakin kalau perbedaannya hanya itu?

Lho memangnya ada perbedaan lain? Tentu saja ada. Pertama, prosedur aborsi yang aman bertujuan untuk memberdayakan perempuan. Lho, lho, maksudnya gimana nih? Yep, prosedur aborsi yang aman mengedukasi perempuan. Menyadarkan mereka bahwa aborsi adalah sepenuhnya hak mereka. Bukan sekadar pilihan yang diambil hanya karena pasangan menginginkan itu dan memaksakan kamu untuk melakukannya. Bahkan bukan juga karena keluargamu menekan kamu untuk menghentikan kehamilan. Ingat, jika ada yang memaksa kamu mengambil pilihan yang tidak sesuai dengan keyakinan maupun kemampuan baik fisik maupun psikologis kamu berhak menolak lho!

Kedua, prosedur aborsi yang aman juga berarti kamu bisa mengaksesnya dengan harga yang relatif terjangkau dan penyedia layanan pun meminta bayaran sesuai dengan yang disepakati di awal. Ingat, penyedia layanan yang tidak jujur bisa saja menyepakati harga sekian di awal lalu tiba-tiba menagih tambahan pembayaran.

Ketiga, dan ini juga sangat penting, kamu sudah diberi semua informasi yang kamu butuhkan sejak awal dan pertanyaanmu juga dijawab dengan jujur. Jangan sampai kamu juga menjadi korban layanan aborsi tidak aman seperti ini yang prosedurnya terasa sangat traumatis dan dilakukan tanpa persetujuan perempuan. Ingat, sekalipun kamu mungkin membayar untuk layanan aborsi namun layanan ini tetap sama seperti layanan medis lainnya dan kamu berhak mendapat pelayanan yang manusiawi.

Keempat, jangan mudah tergiur layanan yang sesumbar kalau tidak ada risiko komplikasi dan tanpa risiko kegagalan. Ingat, bahkan dengan aborsi medis yang terbukti sangat aman pun tetap ada risiko komplikasi sebesar 1% dan risiko kegagalan 14%. Tentu saja risiko kegagalan ini akan berkurang drastis jika kamu melakukan aspirasi vakum di klinik yang memang legal, aman dan memberikan layanan yang prima dan jujur 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *