Testpack Samar Setelah Aborsi, Ada Solusinya kok

Sudah tiga minggu sejak penggunaan misoprostol, hari yang ditunggu-tunggu pun tiba. Kamu pun melakukan tes kehamilan dengan penuh harap. Tapi… ternyata hasil tes kehamilannya belum negatif. Ada satu garis tegas dan satu garis samar pada alat tes kehamilan atau testpacknya, padahal kamu yakin sudah melihat keluarnya hasil konsepsi yang diharapkan saat prosesnya.

Uh, pasti langsung down rasanya setelah menanti-nanti hasil negatif pada alat tes kehamilan. Eit, tenang dulu. Jangan langsung berpikir kalau kamu masih hamil, apalagi berpikir kalau hasil tes yang samar disebabkan kondisi fisik yang kurang sehat atau hilang rasa percaya diri dan bergegas ingin kuret. Lho kenapa begitu?

Hasil tes kehamilan yang samar sebenarnya disebabkan hormon kehamilan yang belum sepenuhnya hilang dari tubuhmu. Ini biasanya merupakan indikator adanya sisa jaringan dalam rahim. Jadi apakah kamu perlu mengulang prosedur aborsi atau bahkan kuret? Sama sekali tidak.

Yang perlu kamu lakukan kalau hasil tes kehamilan masih samar adalah segera lakukan USG dan pastikan sebesar apa jaringan atau kantong kehamilan yang tersisa. Jika sisa jaringan kurang dari 2 cm maka nantinya akan dibersihkan sendiri oleh tubuh di menstruasi berikutnya. Tapi kalau lebih dari itu langsung saja hubungi konselormu untuk prosedur pembersihan. Tenang saja, prosedur pembersihan ini tidak akan menggunakan obat sebanyak yang kamu butuhkan untuk aborsi.

Lalu bagaimana kalau aku masih perdarahan dan hasil testpack masih positif Kak? Pertama-tama, pastikan kalau perdarahan yang terjadi bukan perdarahan hebat. Perdarahan yang berlangsung lebih dari 3 minggu bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Coba diskusikan langsung dengan konselormu langkah apa yang bisa kamu ambil untuk perdarahan dan hasil tes kehamilan yang masih positif ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *